SMP Negeri 6 Jayapura

Unggul dalam Prestasi, Beriman, Bertaqwa dan Berkepribadian

CARI

WAKTU


The Widgipedia gallery
requires Adobe Flash
Player 7 or higher.

To view it, click here
to get the latest
Adobe Flash Player.
Get this widget from WidgipediaMore Web & Desktop Widgets @ WidgipediaMore Web & Desktop Widgets @ Widgipedia

KNGB

Hasil test TH K2

KALENDER

Tunjangan DIKDAS`14

Kepala Sekolah

JAM


Artikel Terkait

Akv. Guru & Siswa


-

LINK EDUKATIF

Kamus online

Perpustakaan online

Bird

Blogger Cursor by Tutorial Blogspot

Pageviews

Visitors

Stars

Nice Cat

Blogger Indonesia

Visitor

Asal Kunjungan
Flag Counter

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Info Pendaftaran dan Jadwal Penerimaan CPNS Tahun 2014

Oleh Admin 30-03-2014 10:29:53

cat_polkam

Menurut info yang didapatkan dari berbagai sumber media pemberitaan, penerimaan Formasi CPNS Tahun 2014 Direncanakan akan digelar pada bulan Juli - Agustus 2014 mendatang. Formasi Penerimaan akan ditentukan oleh Analisis Jabatan (Anjab) dan Analisa Beban Kerja ( ABK ) oleh masing - masing instansi baik pusat dan daerah untuk mengetahui kebutuhan pegawai baik dari jumlah maupun jabatannya dan disesuaikan dengan jumlah pegawai yang telah memasuki masa pensiun, ditambah lagi Anggaran belanja baik instansi pusat atau daearah tidak boleh lebih dari 50%. Hal ini penting agar supaya setiap instansi baik pusat maupun daerah tidak kelebihan atau kekurangan pegawai dan tidak terjadi pemborosan anggaran belanja pegawai yang selama ini menjadi beban APBN. Namun untuk formasi CPNS tahun 2014 pemerintah masih mengutamakan Tenaga Guru, Perawat/Medis, Serta Penyuluh Lapangan serta Tenaga Fungsional lainnya.

Untuk Pendaftaran CPNS Formasi Tahun 2014 menggunakan sistim online yang dikelolah oleh BKN Pusat dengan alamat :  http://sscn.bkn.go.id/ . Pelamar tidak perlu repot untuk mengantar berkas ke Instansi yang dituju, cukup dengan mengisi formulir Biodata/Identitas  secara online dan tidak di pungut biaya apapun ( gratis ).  Namun Biodata /  Identitas yang dikirim sesuai dengan berkas/bukti fisik pelamar.

Sistem pelaksanaan tes CPNS Tahun 2014 menggunakan sistem Computer Assitance Test (  CAT  ) yang dilaksanakan secara online dan serentak diseluruh Indonesia baik Instansi pusat maupun daerah. Hal ini dianggap efisien karena peserta dapat langsung mengetahui nilai mereka dan dengan sistem ini dapat mengurangi tindak kecurangan dalam penerimaan tes CPNS 2014. Sehingga siapun yang lulus dari tes merekalah yang betul - betul berkualitas , handal, berbudipekerti    dan berkhlak baik sehingga pelayanan publik dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan harapan masyarakat. Jenis tes  yang diujikan ada 2 :

1. Tes Kompetensi Dasar ( TKD ), mencakup ; wawasan kebangsaan, pengetahuan umum, dan kepribadian.

2. Tes Kompotensi Bidang ( TKB ), disesuaikan dengan jenis jabatan/profesi pelamar bersangkutan.

Diperlukan kesiapan dari sekarang untuk belajar agar pada saat tes para pelamar bisa menghadapinya dengan baik dan mendapatkan nilai yang memuaskan serta lulus ujian, amin. Namun untuk kriteria kelulusan param pelamar harus dapat melewati passing grade atau nilai ambang batas kelulusan yang ditentukan oleh Panitia Seleksi Nasional Penerimaan CPNS Tahun 2014 ( PANSELNAS ).

Prioritas Jabatan CPNS 2014

1. Instansi Pusat

  • Guru (guru kelas, dan guru produktif) yaitu guru yang memberikan keterampilan hidup / life skill untuk siswa.
  • Dosen.
  • Jabatan penegak hukum (pro justice), seperti jaksa, panitera, pengaman lembaga pemasyarakatan (sipir).
  • Jabatan utama (core business) fungsi instansi, seperti:
  • Pengawas tata bangunan dan perumahan, pengawas teknik jalan dan jembatan, penata ruang, pengawas teknik pengairan, arsitek.
  • Pemeriksa pajak, penyuluh pajak, pemeriksa bea cukai.
  • Pemeriksa merek, pemeriksa dokumen imigrasi.
  • Mediator hubungan industrial, instruktur, pengawas ketenagakerjaan.
  • Pengamat gunung api, inspektur tambang.
  • Penguji kenderaan bermotor, pengawas keselamatan pelayaran, ATC.

2. Instansi Daerah

  • Guru (guru kelas dan guru produktif) yaitu guru yang memberi keterampilan hidup / life skill untuk siswa, guru tataboga, guru seni kriya, dan guru desain grafis.
  • Tenaga medis dan paramedis (dokter, dokter spesialis, bidan, perawat, dan refraksionis optisien).
  • Jabatan yang mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat (pro growth).
  • Jabatan yang berperan menciptakan lapangan kerja (pro job), seperti instruktur las, instruktur tataboga, dan instruktur tata rias.
  • Jabatan yang menciptakan pengurangan kemiskinan (pro job), seperti pamong belajar, pembimbing terapan teknologi tepat guna, penggerak swadaya masyarakat.
  • Jabatan yang berperan dalam pengendalian pertumbuhan penduduk, seperti penyuluh keluarga berencana.

Kebijakan Penerimaan CPNS 2014

1. Kebijakan nasional:

Zero growth atau rekrutmen hanya untuk menggantikan pegawai yang sudah pensiun, meninggal dunia, dipecat atau berhenti dengan tidak menambah jumlah pegawai secara keseluruhan.

2. Kebijakan institusional:

  • Minus growth diterapkan bagi instansi yang berdasarkan hasil analisa beban kerja (ABK) jumlah pegawainya sudah kelebihan, anggaran belanja pegawai lebh dari 50 persen APBD (untuk kabupaten/kota), dan bagi provinsi yang rasio belanja pegawainya lebih dari 30 persen APBD.
  • Sedangkan zero growth, diterapkan untuk instansi yang jumlah pegawainya cukup, rasio anggaran belanja pegawai antara 40 – 50 persen dari APBD (kab/kota), dan 25 – 30 persn (provinsi).
  • Sementara yang alokasi formasinya lebih besar dari jumlah PNS yang pensiun (growth), hanya diperbolehkan bagi instansi/pemda yang jumlah pegawainya sangat kurang, rasio anggaran belanja pegawainya kurang dari 40 persen dari APBD (Kab/kota), dan untuk provinsi yang rasio anggaran belanja pegawainya kurang dari 40 persen. Instansi yang tidak memiliki tenaga honorer kategori 1 maupun kategori 2 juga menjadi pertimbangan. Selain itu, dipertimbangkan juga rasio jumlah pegawai dengan jumlah penduduk, luas wilayah, kekurangan pegawai serta prioritas jabatan.

Agenda dan Kegiatan Penerimaan CPNS 2014

  • Pendataan dan penyerahan usulan formasi: Juli 2014.
  • Pembentukan panitia penerimaan CPNS 2014 di tiap-tiap institusi atau BKD: Mei - Juni 2014
  • Penyusunan soal ujian: mulai Juni 2014
  • Pendaftaran CPNS 2014 dan seleksi berkas: Juli - Agustus 2014.
  • Pencetakan naskah soal: mulai Agustus 2014.
  • Pelaksanaan ujian dan tes CPNS: September - November 2014.
  • Pengumuman peserta yang lulus menjadi CPNS tahun 2014 melalui website: November - Desember 2014.
  • Penyerahan SK CPNS: Januari - Februari 2015.

  Download Prosedur Formasi Penerimaan CPNS Tahun 2014