SMP Negeri 6 Jayapura

Unggul dalam Prestasi, Beriman, Bertaqwa dan Berkepribadian

CARI

WAKTU


The Widgipedia gallery
requires Adobe Flash
Player 7 or higher.

To view it, click here
to get the latest
Adobe Flash Player.
Get this widget from WidgipediaMore Web & Desktop Widgets @ WidgipediaMore Web & Desktop Widgets @ Widgipedia

KNGB

Hasil test TH K2

KALENDER

Tunjangan DIKDAS`14

Kepala Sekolah

JAM


Artikel Terkait

Akv. Guru & Siswa


-

LINK EDUKATIF

Kamus online

Perpustakaan online

Bird

Blogger Cursor by Tutorial Blogspot

Pageviews

Visitors

Stars

Nice Cat

Blogger Indonesia

Visitor

Asal Kunjungan
Flag Counter

Pengumuman Unair

[LENGKAP]

Penerimaan Mahasiswa Baru Unair

[LENGKAP]

Pengumuman Sekolah

Data Dapodik Dimanfaatkan Oleh Lembaga Donatur Internasional

Oleh Admin 23-04-2014 12:06:55

slogan dapodik

Data Pokok Pendidikan P2Tk Dikdas digunakan oleh Beberapa lembaga donatur asing seperti AUSAID, USAID, World Bank, dan Asian Development Bank  untuk berbagai analisis guna menunjang program-program yang mereka jalankan. Program-program itu di antaranya pemetaan dan penataan guru.

“Semua sudah mengacu ke Dapodik. Tidak ada data lain sekaya data Dapodik,” ungkap Supriyatno di Malang, Jawa Timur, Selasa, 15 April 2014.

Supriyatno menambahkan bahwa Pemanfaatan Dapodik, bukanlah monopoli Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan semata tetapi dapat dimanfaatkan oleh Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota dalam menunjang berbagai perencanaan dan program pendidikan di daerah masing-masing. Agar lebih mudah dimanfaatkan, tengah dikembangkan berbagai aplikasi yang memanfaatkan data dalam Dapodik, "ungkap Supriyatno.

“Tidak perlu meminta-minta data ke kabupaten/kota. Kami akan sampaikan replikasi servernya yang mampu menampung data Dapodik,” ucapnya. “Data Dapodik isinya jutaan record.” Aplikasi tersebut nantinya dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan.

Menurut Supriyatno, Dapodik merupakan sistem yang sangat rumit dan kompleks dibandingkan dengan sistem pendataan lain di Indonesia, termasuk e-KTP. Sistem yang digunakan e-KTP lebih sederhana dibanding Dapodik lantaran datanya tidak bersifat relasional.

“Sementara Dapodik ada data relasional yang mengaitkan tiga entitas pokok pendidikan yaitu data pendidik dan tenaga kependidikan, satuan pendidikan, dan peserta didiknya,” tegasnya.

Sumber : http://dikdas.kemdikbud.go.id/